Minggu, 28 Oktober 2012

Nyopet Sundel Bolong :D

Malam ntu gue ma Udin berada dalam bus yang penuh sesak. Planing kali ini adalah nyopet. Ujian pertama yang harus gue lakuin untuk jadi seorang preman.
Nampak seorang Cewek cantik berperawakan mungil menaiki bus. Mata gue kaga henti-hentinya merhatiin Cewek itu, juga tas punggung yang di bawanya. Kebetulan dia mi
li
h berdiri tak jauh dari tempat gue, karena memang saat itu bis penuh hingga sebagian
penumpang harus rela berdesak-desakan kaga kebagian tempat duduk jika ingin nyampe rumah dengan cepat tanpa harus menunggu bis berikutnya. Apalagi malam mulai larut. Ini mungkin bus terakhir yang ngebawa penumpang langganannya. Lebih mudah buat gue untuk dapat ngobok-obok isi tasnya.

" Saatnya beraksi Din " gue nyenggol Udin. Tuh kobokan ngangguk ngerti.

Sedetik, dua detik, semenit, dua menit gue masih belum berani melaksanakan aksi gue. Masih nglihat situasi, celingak–celinguk, ngedip-ngedipin mata, nyisir rambut dengan jari dan ....

SREETTT ....

gue berhasil mindahin dompet dari tas cewek itu ke saku. Ada rasa kaga tega di hati gue. Mungkin, hal seperti ini juga yang di lakuin copet yang begitu sadisnya ngambil dompet gue dulu.

" Daaa .. daapet Man ? " tanya Udin persis Azis gagap. Grogi juga mungkin nih orang.

Tiba-tiba gue merasakan colekan di bahu kanan.

“ Eh, kak Adit “ gue mencari asal suara itu dan colekan di bahu gue. Ternyata cewek itu, hati gue berdegup kencang, takut aksi gue kepergok. Ingin sekali gue segera melompat turun dari bis tapi kaki gue serasa kaga bisa di gerakkan. Sialan, ada apa dengan nih kaki ?

" Man, dia nyangka elu parit " Udin berbisik. Gue mendelik kalut.

“ Bukan parit .. Dongok “ Gue maki-maki Udin.

" Lantas ? "

" Sumpit ... " jawab gue mangkel.

“ Betul kak Adit ? “ ulang cewek itu seraya memandang ke arah gue yang semakin gemetaran dan bermandikan keringat ketakutan.

“ Buu..buu..buukan “ jawab gue terbata

“ Oh maaf, gue kira kak Adit “ Cewek itu nunduk. Ada seraut kesedihan di mimik wajahnya. Gue heran, timbul rasa penasaran di hati untuk bertanya kenapa dia ngira gue adalah Adit. Gue betul-betul kaga trima.
Jangan-jangan yang namanya Adit, giginya tonggos, mukanya bulet bopeng dan panuan di lehernya. Mana mungkin gue sejelek itu.

Eeeerrrrr …

penghinaan nih namanya

“ Memang gue mirip bandit ya ?? Eeh maksud gue siapa tuh ? kunyit ? “

“ Adit, ya Adit sahabat gue yang baik yang pernah bantuin gue nyari duit buat bayar uang ujian gue. Yang pernah nolongin ibu gue keluar dari rumah sakit. Adit yang sudah hampir 3thn lalu kaga pernah bisa gue temuin, wajahnya mirip lu “ cerita Cewek itu panjang lebar. Udin mandeng gue lalu mandeng tuh cewek. Gue hanya ngedengerin.

" Kalian saling kenal ternyata ... lah truss dompp ... "
Belum selesai Udin mangap, gue udah ngebekep mulutnya. Takut Udin ngebongkar kesadisan gue.

Cewek ntu tersenyum manis. Degup jantung gue udah kaga sekencang tadi. Berangsur-angsur normal. Ah masa’ gue di sama-samain ma kunyit yang baik itu. Bukannya gue yang sudah nyopetin dompet lu dan setelah lu tau, lu bakalan nangis sejadi-jadinya, nyesel karena kaga berhati-hati. Lalu ngemis minta uang lagi pada sobat lu si kunyit itu. Sama, nasib lu akan sama kayak gue saat kecopetan dulu, lalu di tolongin si Jono trus di suruh ngegabung di kelompoknya sebagai anggota preman.

" Eh, neng .. kenalin nama gue Udin ... U.D.I.N kaga pake Sarap " Udin ngejulurin tangannya kearah cewek itu. Perlahan dia nyambut uluran tangan si karung beras sembari senyum tertahan.

“ Sekarang ibu gue masih sakit, malah semakin parah. Dan keinginan ibu adalah bertemu dengan Adit. Gue berusaha menemukan keberadaan Adit, agar ibu gue masih bisa berkesempatan ngucapin terima kasih kepada Adit karena selama ini telah membantu keluarga gue. Apalagi bapak gue telah meninggal semenjak gue masih kecil dan ibu gue tidak bisa bekerja karena sakit-sakitan. “ Cewek itu menitikkan air mata.

Gue bengong.
Udin mangap.

CLLEEEPPP…

Kata-kata itu, ngena di hati gue. Dia seorang yatim, sama seperti gue. Kenapa gue jadi setega itu nyopet dompetnya ? sedangkan dia sendiri dalam keadaan susah. Bedanya, gue yatim semenjak dalam kandungan. Miris gue ngedenger ceritanya. Serasa mau nangis, pingin nangis sambil meluk-meluk cewek itu. Dada gue sesek, perasaan and imajinasi gue keseret cerita dia. Gue ngebayangin andai jadi dia (tapi kaga mau ngebayangin gimana cantiknya diri gue kalo rambut gue di kuncir-kuncir kayak rambutnya). Tapi mana ada preman nangis? Sekali lagi mana ada Preman nangis? Mau di taruh mana muka gue? Yang bisa gue lakukan saat itu hanya diem

Gue diem
Cewek itu juga diem
Penumpang lain diem
Kernet dan sopirnya pun ikut–ikut’an diem
Hanya pedagang asongan yang tereak-tereak menjajakkan dagangannya

…. Dan Udin ...

Udin udah mojok sambil sesenggukan histeris. Sebagian wajahnya di sungsepin ke jok tempat duduk penumpang yang udah mulai kosong karena udah pada turun.

" Din ... sstt .. sstt ... sini ! kenapa elu mewek ? " lirih gue manggil2 Udin.

" Gue terharu mannnn ... gue kaga tega ngliat .. ngliiiaatt .. " Udin kaga nerusin ucapannya ... mulutnya sibuk sesenggukan.

" Ngliat apa'an ? " tanya gue penasaran.

" Ngliat punggungnya yang berlubang ... noh liat ! " kata Udin seraya nunjuk kearah cewek tersebut.

Perlahan gue nengokin punggung cewek ntu ... sedangkan yang di liatin tertawa menyeringai memamerkan taring2nya. Kaga semanis saat gue liat kali pertamax tadi. Punggungnya berlubang penuh nanah dan belatung segede ulat sutra.

" Hyyyaaaahhh ... Suunn ... suuunnndeell ... bboll .. bollooonggg "

Xixixiixixiixixi .... Xixixiixixiixi ...

" Balikin dompet gue bang bandiiiiittt "

Secepat kilat gue nyeret Udin yang masih terisak-isak. Lalu turun dari bus setan. Begitu turun, gue ngliat dompet yang ada di saku.

" Jjjiiiiiiaaahhhh ... hhooeeeekkk " dompet dan tangan gue belepotan belatung. Gue jijik mau muntah, reflek gue ngebuang hasil copetan malam ntu..

" Ada apa lu nyeret gue turun man ? " Udin protes.

PLAAAKK ...

" Gue nyopet Sundel Bolonggggg Dongggoookkk ... "


Tidak ada komentar:

Posting Komentar